• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pemberdayaan Pendidikan di Desa

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:55 WIB
Pemberdayaan Pendidikan di Desa (pixabay)
Pemberdayaan Pendidikan di Desa (pixabay)

Akarsari.com - Pendidikan adalah suatu proses yang berlangsung dan terencana dalam kehidupan manusia sebagai usaha untuk mewujudkan kepribadian yang cerdas, berkualitas, berakhlak, serta membangun keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Proses pendidikan ini merupakan bentuk survive yang dilakukan secara terencana agar diri dapat menyeimbangi setiap kehidupan yang berlangsung dan akan datang.

Sedangkan soarang peneliti Yahya Khan berpendapat bahwa “Pendidikan merupakan sebuah usaha yang menumbuhkan, mengembangkan, mendewasakan, menata, dan mengarahkan”. Pendidikan juga berarti proses pengembangan berbagai macam keahlian yang dimiliki dalam diri manusia agar dapat berkembang dengan baik dan bermanfaat bagi dirinya dan juga lingkungannya.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Mutiara tentang Kehidupan Berbahasa Inggris Lengkap dengan Artinya yang Dapat Memotivasi

Pendidikan juga merupakan sebuah proses perbaikan, penguatan, dan penyempurnaan terhadap kemampuan serta potensi manusia. Dengan berpendidikan, diharapkan kehidupan akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Meskipun upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan telah dilakukan, namun dalam faktanya masih banyak masyarakat Indonesia terkhusus saudara-saudara kita yang tinggal di pedesaan belum mengenyam pendidikan yang layak.

Dengan keadaan tersebut maka dibutuhkan penanganan potensi pedesaan yang dapat mendukung terjaminnya peningkatan pengetahuan melalui pendidikan demi keberlanjutan kegiatan perekonomian di pedesaan.

Dengan berpendidikan maka cita-cita ini diyakini akan tercapai dalam realitas kehidupan manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya sebuah pendidikan dalam perjalanan hidup seorang manusia. Karena dengan berpendidikan manusia akan lebih mampu mencapai suatu pribadi yang cakap.

Mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Pemerintah menyebutkan dalam pembukaan Undan-Undang Dasar 1945 sebagaimana yang dikuip oleh Ary. H. Gunawan, bahwasannya “mencerdaskan kehidupan bangsa”, dan selanjutnya dijabarkan dalam pasal 31 “Tiaptiap warga negara berhak mendapat pengajaran”.

Baca Juga: Kumpulan Quote Penuh Makna Menyentuh Hati, Cocok Dijadikan Status Media Sosial WhatsApp Instagram dan Facebook

Pemberdayaan merupakan suatu bentuk program mengupayakan memberikan kekuatan, kemampuan, keterampilan, dorongan, serta pengetahuan dan berbagai bentuk inovasi kreatif sesuai dengan kondisi, yang secara potensial dimiliki. Pemberdayaan digunakan sebagai suatu konsep untuk memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan desa.

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhsan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Posyandu dan Berbagai Problemnya

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:09 WIB

Kondisi Pendidikan di Desa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:14 WIB

Pemberdayaan Pendidikan di Desa

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:55 WIB
X