• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kondisi Pendidikan di Desa

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:14 WIB
Kondisi Pendidikan di Desa (pixabay)
Kondisi Pendidikan di Desa (pixabay)

Pendidikan seharusnya sudah menjadi prioritas seluruh masyarakat di Indonesia. Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi. Pendidikan pada umumnya sama bertujuan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa dan negara , agar mereka memiliki wawasan yang luas yang nantinya untuk menjadi generasi bangsa yang hebat dan tidak di bodoh- bodohkan oleh negara lain.

Semua orang berhak memiliki Pendidikan karena, dengan pendidikan kita bisa lebih dewasa, karena pendidikan tersebut memberikan dampak yang sangat positif bagi kita, dan juga pendidikan tersebut bisa memberantas buta huruf dan akan memberikan keterampilan, kemampuan mental, dan masih banyak lagi fungsi dari Pendidikan tersebut.

Akan tetapi, tingkat pendidikan di masing-masing daerah di Indonesia berbeda-beda, khususnya di daerah pedesaan. Masih banyak sekolah ataupun system Pendidikan di daerah-daerah pedalaman Indonesia yang belum dilihat oleh pemerintah. Seakan-akan pemerintah hanya memfokuskan Pendidikan di kota-kota besar di Indonesia. Sangat miris sekali jika kita menyadari bagaimana keadaan Pendidikan di Indonesia khususnya di daerah pedalaman yang jauh dari Kota. Bisa kita lihat Pendidikan yang terjadi di Pedalaman seperti kurangnya bangunan sekolah yang ada, itupun jika ada bangunan sekolah bangunan yang sudah mulai tua ataupun hancur seperti sekolah yang sudah tidak layak untuk digunakan dan membahayakan untuk guru maupun siswanya.

Baca Juga: Pendidikan untuk Masa Depan

Terlebih lagi pada zaman yang semakin menuntut manusia untuk lebih dapat bersaing di era globalisasi maupun yang akan datang. Artinya, masyarakat dituntut untuk mempunyai keterampilan atau kompetensi dalam dirinya menjadi manusia yang berguna baik bagi dirinya sendiri maupun bagi bangsa dan negara.

Untuk menggali potensi yang dimiliki oleh manusia maka diperlukan adanya pendidikan. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Tingkat pendidikan masyarakat pedesaan pada umumnya masih rendah dimana mayoritas pendidikannya sampai tingkat Sekolah Mengah Pertama (SMP) sehingga pengetahuan pendidikan yang mereka ketahui juga terbatas, karena tingkat kesadaran masyarakat di komunitas pedesaan terhadap pendidikan formal masih rendah. Hal ini tentunya dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah keadaan ekonomi.

Namun, seburuk-buruknya sarana dan prasaran yang ada di pinggiran kota dan desa, masih ada masalah pendidikan di Indonesia yang lebih parah. Kita tahu bahwa Indonesia Negara kepaulauan yang memiliki banyak sekali pulau. Banyak daerah bagian yang tidak terakses seperti halnya di tempat kita tinggal saat ini. 

Banyak generasi penerus yang tinggal di kepualauan, mereka tidak hanya terbatas pada sarana dan prasarana saja, tetapi terbatas dari banyak hal. Misalnya, mereka rella harus jalan berkilo-kilo meter bahkan sampai ada yang harus menyebrangi sungai dengan perahu ataupun melewati jembatan yang sudah hancur hanya untuk mendapatkan Pendidikan. Apalagi guru-guru di pedalaman juga tidak memikirkan berapa gaji yang diperoleh setiap kali mengajar, namun mereka sukarela dan tidak pandang bulu dalam mengajar anak-anak di pedalaman.

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhsan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Posyandu dan Berbagai Problemnya

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:09 WIB

Kondisi Pendidikan di Desa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:14 WIB

Pemberdayaan Pendidikan di Desa

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:55 WIB
X