• Sabtu, 1 Oktober 2022

Urgensi Kesehatan Bagi Manusia

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:15 WIB
Urgensi Kesehatan (pixabay)
Urgensi Kesehatan (pixabay)

Kesehatan merupakan anugerah yang besar yang diberikan oleh sang pencipta. (Jasmen Manurung dkk, 2021)Pentingnya kesehatan bagi manusia menjadikan negara-negra dan lembaga-lembaga kesehatan di dunia mengamanatkan bahwa setiap dunia mengamanatkan bahwa setiap individu berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pastinya setiap individu menginginkan tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit karena dengan tubuh sehat kita dapat melakukan segala aktivitas.

Menurut undang-undang No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, dimana kesehatan didefinisikan sebagai keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosia yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (kemenkes, 2009). Penting bagi kita untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat. Pernyataan lebih tegas dijelaskan dalam The Universal Declarationof Human Right (UNO, 1948) yang menyatakan bahwa:

Everyone has the right to a standard of living adequate for health and well being of himself and his family, including food, cluthing, housing and medical care and necessary social service, and the right to security in the even of unemployment, sickness, disability, widowhood, old age or other lack of livelihood in circumstances beyond his control.

(Setiap orang berhak untuk memperoleh kehidupan yang layak untuk kesehatan dan kehidupan yang layak untuk kesehatan dan kehidupan bagi diri sendiri dan keluarganya, termasuk makanan, pakaian, perumahan dan pelayanan kesehatan dan layanan sosial yang layak, dan hak untuk memperoleh perlindungan pada saat pengangguran, kesakitan, kecacatan, tanpa pasanga, lansia atau ketidakmampuan lain pada pekerjaa/mata pencaharian diluar kendalinya).

Baca Juga: Ternyata Ini Faktor yang Membuat Orang Mudah Gemuk, Salah Satu Pemicu Utamanya Ialah Kesehatan Bermasalah

Beberapa ahli mencoba menawarkan konsep sehat dengan menambahkan peran dalam keluarga, pekerjaan, masyarakat, kemampuan untuk menghadapi tekanan, adanya perasaan sejahtera dan aspek-aspek lainnya (Koteeki, 2007). Dari definisi tersebut menunjukan bahwa kesehatan memiliki aspek atau ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari keluarga kita sendiri hingga individu lain.

Ketika kita tidak peduli dengan kesehatan, maka akan banyak dampak penyakit yang bersiap untuk menyerang tubuh kita dan kita akan sulit untuk melakukan aktivitas seperti biasanya dan dapat membawa pikiran kita menjadi stress. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kita sebab dengan sehat, pikiran menjadi lebih rileks bebas dari segala hal beban yang menumpuk dan hati menjadi tenang. Sangat disayangkan sekali jika kita mengabaikan kesehatan yang berarti bagi kita.

Tubuh yang sehat menjadi salah satu modal kesuksesan setiap orang dan tubuh yang sehat pun akan menunjang setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang terhindar dari penyakit sehingga setiap manusia harus menjaga kesehatannya agar tubuh tetap sehat.

Hidup sehat merupakan impian dari setiap manusia dimana biasanya untuk memperoleh hidup yang sehat, manusia tersebut hanya perlu menjalankan pola hidup sehat tersebut. Melakukan pola hidup sehatitu penting untuk setiap manusia. (Sarinasiti, 2018). Maka dari itu kita harus menjaga pola hidup sehat secara disiplin mulai sekarang, mulai dari hal yang terkecil seperti membiasakan mencuci tangan tiap setelah keluar dari rumah, membersihkan lingkungan rumah.

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhsan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X