• Sabtu, 1 Oktober 2022

Islam Anjurkan Salat saat Terjadi Gerhana Bulan, Hukumnya Sunnah Muakkadah, Pria dan Wanita Boleh Ikut

- Sabtu, 13 November 2021 | 10:30 WIB
Prof Dr H Ahmad Zahro, MA saat memberikan ceramah terkait salat gerhana bulan./tangkapan layar vidio youtube
Prof Dr H Ahmad Zahro, MA saat memberikan ceramah terkait salat gerhana bulan./tangkapan layar vidio youtube

Akarsari.com - Umat islam dianjurkan salat sunnah saat terjadi gerhana. Hukum dari salat sunnah gerhana adalah sunnah muakkadah.

Diketahui, gerhana bulan sebagian diprediksi terjadi pada 19 November 2021. Fenomena ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Fenomena menjadi gerhana bulan terlama di abad 21 ini. Gerhana bulan sebagian ini akan menyebabkan bulan tertutup bayangan Bumi selama tiga jam dan 28 menit.

Baca Juga: Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 Diprediksi Terjadi Selama 3 Jam Lebih, Terlama pada Abad Ini

Biasanya, gerhana bulan hanya terjadi selama dua jam. Pada tahun 2018 lalu, gerhana bulan total terlama hanya terjadi dengan durasi satu jam 42 menit, dan 57 detik.

Dikutip Akarsaricom dari chanel youtube azahro ofiicial, Jumat 13 November 2021, Prof Dr H Ahmad Zahro, MA mengatakan, semua ulama sepakat untuk menganjurkan umat islam salat sunnah saat terjadi gerhana bulan. Hukum salat sunnah ini muakkadah.

"Semua ulama khususnya dalam mazhab 4 yang saya tau sepakat bahwa salat gerhana hukumnya sunnah muakkadah. Sunnah yang sangat dianjurkan, sunnah yang mendekati wajib," katanya.

Baca Juga: Ini Doa - Doa Lengkap dan Amalan Ketika Kita Melihat Gerhana Bulan Sesuai Tuntunan Islam

Guru Besar bidang Ilmu Fiqih (Hukum Islam) di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini menyarankan kaum pria, wanita dan anak-anak ikut serta melaksanakan salat sunnah gerhana, kareba ada hikmah di dalamnya.

"Laki-laki, perempuan dan anak-anak kalau sempat datang ke tempat salat gerhana di masjid, tapi di musala juga boleh, sendiran juga boleh. Hikmahnya taat kepada allah swt dan mmepekokoh tauhid," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Atiah

Sumber: Azahro Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X