• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia Belum Ada Kejelasan, Kemenag 'Rayu' Dubes Arab Saudi di Jakarta

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 00:22 WIB
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief saat Berkunjung ke Kedutaan Besar Arab di Jakarta. (Foto. Kemenag)
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief saat Berkunjung ke Kedutaan Besar Arab di Jakarta. (Foto. Kemenag)

Akarsari.com - Pemberangkatan jemaah haji dan umrah Indonesia belum ada kejelasan. Padahal, Arab Saudi diketahui menambah kapasitas jemaah umrah dan shalat di Masjidil Haram, Mekkah mulai Jumat (1/10/2021) kemarin.

Dikutip Akarsari.com dari Saudi Gazette, Arab Saudi menambah kapasitas jamaah umrah telah ditingkatkan menjadi 100.000 setiap hari. Kapasitas harian jamaah yang akan diizinkan untuk melakukan sholat di Masjidil Haram juga telah ditingkatkan menjadi 60.000.

Melihat peluang tersebut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief langsung mensatangi dan merayu Kedutaan Besar Arab di Jakarta. Kedatangan Hilman disambut Dubes Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Bongkar Rahasia Tekan Kolestrol Supaya Tidak Cepat Tinggi di Era Pandemi

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat ini membahas penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi. Hadir mendampingi Hilman, Sesditjen PHU Ramadhan Harisman dan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid.

"Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jemaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji," kata Hilman dialam situs Kemenag, Kamis (7/10/2021).

Hilman menyinggung soal mitigasi penyelenggaraan umrah di saat pandemi. Menurutnya, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umrah di saat pandemi.

Baca Juga: Warga Miskin di Pandeglang Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk, Tiap Malam Kedinginan saat Hujan Kehujanan

Pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, Maskapai Penerbangan serta instansi terkait lainnya dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

Halaman:

Editor: Atiah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X