• Sabtu, 1 Oktober 2022

Mengenal Fenomena La Nina yang Diprediksi BMKG Bakal Terjadi di Banten Akhir Tahun 2021

- Senin, 1 November 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi La Nina/dok.akarsari.com
Ilustrasi La Nina/dok.akarsari.com

Akarsari.com - Provinsi Banten menjadi salah satu wilayah yang terdampak La Nina pada akhir tahun 2021.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) fenomena ini akan terjadi pada akhir 2021 sampai Februari 2022.

La Nina merupakan fenomena mendinginnya Suhu Muka Laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur hingga melewati batas normalnya.

Baca Juga: Waspada! BMKG Prediksi La Nina Terjadi di Banten Akhir Tahun 2021 Sampai Februari 2022

Kondisi tersebut memengaruhi sirkulasi udara global yang mengakibatkan udara lembab mengalir lebih kuat dari Samudra Pasifik ke arah Indonesia.

Akibatnya, di wilayah Indonesia banyak terbentuk awan dan kondisi ini diprediksi bisa meningkatkan curah hujan sebagian besar wilayah tanah air.

Berdasarkan monitoring BMKG saat ini nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina, yaitu sebesar -0.61 pada Dasarian I Oktober 2021.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Banten 31 Oktober 2021; Lebak dan Pandeglang Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Kondisi ini berpotensi untuk terus berkembang dan harus segera bersiap menyambut kehadiran La Nina 2021/2022 yang diprakirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah - sedang, setidaknya hingga Februari 2022.

Adapun wilayah terdampak La Nina berdarakan prediksi BMKG meliputi :

Halaman:

Editor: Atiah

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X