• Senin, 23 Mei 2022

Indonesia 'Langganan' Bencana Alam, Ribuan Warga Terluka dan Ratusan Tewas Selama 1 Januari-8 November 2021

- Selasa, 9 November 2021 | 01:40 WIB
Foto Indonesia usai Dilanda Bencana./BNPB
Foto Indonesia usai Dilanda Bencana./BNPB

Akarsari.com - Indonesia menjadi salah satu negara langganan bencana. Bencana alam di Indonesia tidak melulu terjadi secara mendadak karena sudah menjadi langganan, seperti banjir, longsor dan gempa bumi.

Hal tersebur karena enomena pemanasan global akibat kerusakan lingkungan yang makin masif memperparah potensi terjadinya bencana alam hidrometeorologi.

Bahkan Indonesia menduduki ranking tertinggi rawan bencana, baik hidrometeorologi maupun geologi. Jumlah penduduk yang besar membuat bencana itu berisiko menimbulkan banyak korban.

Baca Juga: Pertempuran Surabaya Cikal Bakal Peringatan Nasional Hari Pahlawan Pada 10 November

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dari 1 Janauari sampai 8 November 2021, telah terjadi 2.311 bencana alam yang didominasi oleh banjir, longsor dan puting beliung.

Bencana alam ini merenggut korban jiwa sebanyak 561 orang meninggal dunia, 13.039 luka-luka, 74 hilang dan 6.855.743 mengungsi.

Selain menelan korban jiwa, bangunan dan fasilitas umum pun ikut terdampak. Sebanyak 135.359 rumah rusak ringan, berat dan sedang, fasilitas umum sebanyak 3.606 rusak, kantor 502 rusak dan jembatan 374 rusak.

Baca Juga: Waspada! BMKG Prediksi La Nina Terjadi di Banten Akhir Tahun 2021 Sampai Februari 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bencana alam telah menyebabkan kerugian yang fantastis bagi Indonesia setiap tahunnya. Dia mencatat Indonwsia setiap tahun kehilangan duit Rp20 triliun.

“Hitungannya setiap tahun kita kehilangan lebih dari Rp20 triliunan. Bahkan, estimasi Bank Dunia mengabarkan mungkin itu underestimated. Mungkin jumlah nilai kerusakannya jauh lebih besar dari itu," ucap Sri Mulyani dikutip Akarsari.com dari Tirto, Selasa 9 November 2021.

Halaman:

Editor: Atiah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X