• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pendidikan untuk Masa Depan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Pendidikan untuk Masa Depan (pixabay)
Pendidikan untuk Masa Depan (pixabay)

Akarsari.com - Pendidikan ialah salah satu upaya untuk mengatasi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di negara ini yaitu negara indonesia. Pendidikan merupakan suatu hal yang digunakan untuk kemajuan bangsa.  Kemajuan suatu bangsa ditandai dengan meningkatnya peluang pendidikan yang luas dan berkualitas bagi masyarkatnya. Yang mana kita ketahui bersama, jika orang yang telah merasakan bangku pendidikan telah lebih mengetahui hal yang lebih banyak di dunia. Pendidikan itu bisa didapat di mana dan kapan saja. Oleh karena itu kita harus menyadari pentingnya pendidikan. 

Pendidikan memiliki efek bagi masa depan. Bukan hanya diri sendiri yang merasakan akan tetapi bangsa dan negara kita kita juga merasakannya. Terdapat dua sifat pendidikan yaitu formal dan non formal. Sifat pendidikan yang pertama yaitu formal, misalnya sd, smp, sma dan perguruan tinggi.

Pendidikan formal didapat dengan  mengikuti program-program yang telah terstruktur oleh institut atau departemen. Sedangkan pendidikan non formal contohnya seperti lembaga bimbingan belajar serta pelatihan kursus. Pendidikan non formal diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik itu pengalaman pribadi ataupun orang lain. Di sekolah pendidikan bukan hanya melalui pembelajaran saja akan tetapi harus diimbangi dengan pendidikan karakter anak. Hal tersebut bisa berasal dari orang tua, teman sebaya, lingkangan dan keluarga. 

Baca Juga: Khutbah Jum'at Terbaru dengan Tema Bersyukur: Nikmat Allah Tak Terhingga

Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi peserta didik. Harapannya peserta didik mempunyai ilmu, mampu berpikir kreatif, menjadi pribadi yang baik serta mempunyai rasa tanggung jawab. Seperti yang tercantum pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal, tentang system pendidikan nasional. Yang mana dalam uu tersebut berisi tujuan nasional pendidikan. Tujuan pendidikan tersebut di antaranya yaitu membentuk manusia yang beriman serta bertakwa kepada allah, mempunyai akhlak yang baik, mampu berpikir kreatif dan bersikap mandiri.

Kunci utama dslam meraih masa depan ialah memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik, sebagai langkah awal dalam penyiapan kualitas sdm. Bagi mereka yang berkualitas akan mampu membayangkan apa yang terjadi pda masa depan serta menjadikan apa yang mereka bayangkan itu menjadi suat hal yang nyata. Mereka juga yang suatu saat nanti akan merasakan manfaat dan menikmati berbagai hasil kehidupan yang paling baik. 

Apapun jenis pendidikannya asalkan kita serius dalam menempuh pendidikan pasti memiliki dampak yang besar bagi masa depan sendiri atau orang lain. Sehingga dengan berpendidikan cara verpikir orang menjadi lebih kritis serta mampu memecahkan persoalan dalam hidupnya. Selain itu dengan pendidikan juga berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran  yang ada di indonesia. Ditambah dengan maju serta canggihnya teknologi zaman sekarang, pendidikan haruslah menjadi prioritas.

Baca Juga: Kumpulan Quote Memotivasi Hidupmu, Tidak Bertindak Merupakan Suatu Kegagalan yang Jelas Telah Terjadi

Di indonesia kualitas pendidikan terbilang amatlah rendah serta memiliki kualitas yang rendah. Salah satunya yaitu karena rendahnya kualitas guru. Rendahnya kualitas guru disebabkan karena minimnya pelatihan, profesionalisme guru yang rendah, kurangnya kreativitas dan tak sesuai pada kompetensinya. Banyaknya angka putus sekolah di indonesia tiap tahunnya selalu bertambah. Solusi untuk rendahnya kualitas guru di indonesia yaitu dengan cara menaikkan kesejahteraan guru, dilakukan pelatihan secara berkala dan memberi biaya pendidikan untuk guru ke jenjang yang lebih tinggi lagi sesuai kompetensinya.

Halaman:

Editor: Muhammad Ikhsan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X