• Senin, 23 Mei 2022

Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2021 Dikritik Taufik Hidayat, Menpora Bentuk Tim Investigasi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali/@kemenpora
Menpora RI, Zainudin Amali/@kemenpora

Akarsari.com - Bendera merah putih tak berkibar di piala Thomas 2021. Meski Tim bulutangkis Indonesia menjuarai laga yang digelar di Ceres Arena, Denmark, Oktober 2021.

Hal ini karena tim Indonesia mendapat sanksi dari Badan Anti Doping Dunia atau WADA.
Penyebabnya adalah karena Indonesia tidak mengirimkan sampel doping obat-obatan yang digunakan para atlet ke pihak WADA.

Sehinga Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih di ajang Thomas Cup 2020. Kemenangan yang tanpa pengibaran merah putih ini mebuat sorotan dari pelbagai elemen.

Baca Juga: Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2021, Taufik Hidayat: Menpora Kerjamu Ngapain Bikin Malu Indonesia

Baca Juga: Menang di Piala Thomas 2020 Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih, Kok Bisa?

Salah satunya Mantan pemain bulu tangkis, Taufik Hidayat yang memberikan kritikan pedas. Peraih emas Olimpiade Athena 2014 ini pemerintah Indonesia yang tidak becus menyelesaikan masalah sanksi dari Word Anti Doping Agency (WADA) tersebut.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membentuk Tim Akselerasi dan Investigasi untuk mengatasi persoalan WADA, dengan menunjuk Ketua NOC Indonesia, dengan anggota Sekjen NOC, dari LADI 2 orang.

"Dalam rakor internal pagi ini saya bentuk Tim yang diketuai Pak Okto, dengan dua tugas yakni akselerasi, percepatan komunikasi dengan pihak-pihak terkait terutama WADA guna mempercepat pencabutan sangsi. Yang kedua investigasi, guna mencari apa yang sebenarnya terjadi dan apa penyebabnya serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan," kata Zainudin, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Shesar Hiren Rhustavito Buat Thailand Keok di Piala Thomas 2020, Skor Akhir 3-2

Baca Juga: Ester Bawa Kekalahan untuk Indonesia di Piala Uber 2020, Dihadiahi 0-5 oleh Aya Ohori Jepang

Halaman:

Editor: Atiah

Sumber: Kemenpora

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X