• Kamis, 30 Juni 2022

Yuk ke Mongolian Culture Center Tanjung Lesung, Satu-satunya Pusat Kebudayaan Bangsa Mongol di Indonesia

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Gerbang masuk Mongolian Culture Center, pusat kebudayaan bangsa Mongol yang Satu-satunya di Indonesisa/Instagram/@mongolianculturecenter_id
Gerbang masuk Mongolian Culture Center, pusat kebudayaan bangsa Mongol yang Satu-satunya di Indonesisa/Instagram/@mongolianculturecenter_id

Akarsari.com - Mongolian Culture Center sejak tahun 2017 lalu berdiri di Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Pusat kebudayaan negara yang terletak di antara China dan Rusia ini, didirikan dari hasil kerjasama antara duta besar mongolia dan PT Banten West Java.

Bangsa Mongol tercatat pernah meninggalkan sejarah di Indonesia yang dimulai dari serangannya ke Pulau Jawa. Serangan itu terjadi pada 1293 penguasa Kekaisaran Mongol dari Dinasti Yuan, Kubilai Khan.

Baca Juga: Sinetron IPA & IPS yang Tayang Perdana 11 Oktober 2021, Begini Komentar Netizen Indonesia

Serangan yang dilakukan ke Jawa untuk menyerang kerajaan Singasari dan menghukum Raja Kertanegara yang menolak membayar upeti kepada Kubilai Khan.

Kubilai Khan mengirim sekitar 30.000 tentaranya ke Jawa. Namun, serangan besar-besaran ini justru berakhir dengan kekalahan Mongol.

Kini Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki Mongolian Cultural Center yang bertujuan untuk membetot wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: Rachel Vennya Kabur Karantina Dibantu Oknum TNI, Prof Zubairi Djoerban; Jangan Merasa Punya Hak Istimewa

Pusat kebudayaan ini didesain oleh arsitek asal Mongol, Batmunkh Oyunbat. Namun secara konsep dirancang oleh Duta Besar Mongolia di Indonesia, Madam Battsetseg Shagdar.

Mongolian Culture Center berdiri di atas lahan satu hektar yang berdekatan dengan wilayah pantai Tanjung Lesung. Kini wisatawan enggak perlu jauh-jauh terbang ke sana untuk merasakan sensasi berada di Mongolia.

Halaman:

Editor: Atiah

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X